Translate

Minggu, 17 November 2013

Kue Spiku Less Egg


Resep Kue Spiku Less Egg
 

 
Kue Spiku nama populer dari lapis surabaya ini rasanya memang lembut dan nikmat dibanding kue pasta (Tart) umumnya. Bahan utama kue yang didominasi oleh kuning telur, membuat kue spiku terasa so tenderly and very smooth.
Bagi anda yang sedang diet ketat low kolesterol dari bahan telor, tentunya memakan kue ini bukanlah pilihan yang tepat, karena kandungan kuning telor kue spiku di resep yang populer dan turun - temurun, tiap lapisnya menggunakan sampai 10 butir kuning telor.
Saya memodifikasi resep, bagaimana masih terasa empuk dan lezat dengan telur seminimal mungkin. Walhasil, total penggunaan telur 1 x resep cukup hanya dengan 6 butir telor.
Okay... berikut saya share resepnya, Hidangkan bersama teh atau kopi !!! dan Treng..teng..teng..
siap-siap menerima pujian dari penyantap kue spiku ini.
 
Bahan : Tiap layer / lapis kue
 
1 butir telor
1 butir kuning telor
1/3 cup / 65 gr gula pasir halus
1/6 cup mentega cair / minyak sayur
1/2 cup tepung terigu / 100 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
1/4 cup susu cair ( pengatur kadar kekentalan adonan)
1 sdt vanilla essence
1 sdt bumbu spiku
1 sdm cocoa powder yang dilarutkan dengan 1-2 sdm air + 1 sdt gula  (khusus layer coklat)
Selai strawberry
Ready krim İnstan
 
Cara membuat :
  • Panaskan oven dengan suhu 170'C. Minyaki loyang kue,  yang berukuran 20x20 cm2 atau yang berbentuk lingkaran dengan diameter 20 cm. Alasi dasarnya dengan kertas kue yang disesuaikan dengan bentuk alas loyang.
  • Campur semua bahan-bahan kering dalam 1 mangkuk untuk tiap layer
  • Kita akan membikin kue per-layer. Untuk layer pertama, kocok telor bersama gula sampai pucat kaku (+/-) 10 menit. masukkan mentega cair / minyak sayur, tuangkan bahan kering, dan susu cair. aduk dengan kecepatan rendah sampai tercampur saja.
  • Tuangkan ke loyang. Panggang kurleb 25menit. angkat dan taruh diatas tray, tutup dengan kain tipis, biarkan sampai mendingin.
  • Bikin layer berikutnya dengan cara yang sama
  • Setelah semua layer siap, olesi permukaan layer pertama (kuning) dengan selai strawberry kemudian lapisi dengan krim yang ready instant. tumpuk dengan layer berwarna coklat, semir lagi dengan selai strawberry, lapisi dengan krim, tumpuk lagi dengan layer terakhir.
  • Tahapan terakhir, terserah anda.... karena sudah siap dinikmati atau anda memodifikasi kue, dihias dengan frosting krim.
 
 
 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini